-->

Upgrade Baik Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Upgrade Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan - Dunia tidak selebar daun kelor. Itulah Ungkapan yang sering kita dengar di berbagai media. Karena ungkapan yang membuat daun kelor tersebut semakin populer.

Daun kelor atau juga dikenal sebagai merunggai iyalah suku kelor dengan kelopak bunga tinggi delapan sampai sebelas meter.

Baiknya manfaat daun kelor bagi kesehatan manusia

Dalam satu tangkai, daun-daun tersebut bersusun dengan bentuk bola kelor bersusun ganda menjadi telur-telur berukuran kecil. Bunganya memiliki kelor putih batang hijau agak kekuningan dengan bunga, sedangkan buahnya memiliki bentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang. Daun kelor bagus juga tidak bisa kelentang untuk sayuran.

Daun kelor memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Di Jawa, tanaman ini disebut limaran, di Inggris disebut ben oil tree atau pohon drumstick, dalam bahasa Melayu disebut panas, di Vietnam disebut chum ngay, di Thailand disebut marum, sedangkan di Filipina disebut malunggay.


Dibalik popularitasnya, daun kelor memiliki manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang. Daun kelor mengandung manfaat sebagus kebanyakan tumbuhan apotek hidup lainnya. Daun kelor disimpan dalam senyawa yang bisa berfungsi sebagai nutrisi tubuh.
Misalnya, teh yang dibuat dari daun kelor memiliki kandungan polifenol yang tinggi sebagai antioksidan yang bermanfaat. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik untuk tubuh sebagai zat untuk mendetoksifikasi tubuh manusia bahkan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Mengkonsumsi teh yang dibuat dari daun kelor juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit jika diminum secara teratur.

1. Daun Kelor - Menyediakan energi.
Anda bisa mencoba membuat teh dari daun kelor untuk memperkuat bagian tubuh agar tetap aktif sepanjang hari. Tubuh otomatis akan merasa berenergi.

2. Jagalah berat badan Anda.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Menjaga Berat Badan
Berat badan ideal telah menjadi impian bagi pria dan wanita. Untuk mendapatkan tubuh ideal Anda dengan cara yang sehat , Anda dapat secara rutin mengonsumsi teh daun atau sayuran kelor. Sebuah penelitian tentang daun tanaman menunjukkan kelor yang satu ini bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Cara kerjanya dengan menstimulasi metabolisme tubuh membakar kalori lebih cepat.

3. Daun Kelor -  Meningkatkan fungsi ekskresi

Fungsi ginjal dan hati juga bisa ditingkatkan saat mengonsumsi teh kelor rutin ini. Tubuh akan lebih bugar jika fungsi pembuangan limbah.

4. Daun Kelor - Berikan nutrisi

Daun teh sangat bagus untuk menjaga kelor mata dan kesehatan otak. Jika otak memiliki gizi yang baik, maka seseorang akan cepat mengambil keputusan yang tepat meskipun dalam situasi yang sulit.

5. Daun Kelor - Membantu pencernaan

Mengkonsumsi daun kelor sangat bagus untuk mengatasi masalah pada perut. Misalnya, buang air besar yang keras atau konstipasi.

6. Daun Kelor - Menyehatkan rambut

Nutrisi yang terkandung dalam daun teh kelor mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga terlihat lebih berkilau dan sehat. Pilih beberapa daun dari cabang kelor yang lama, lalu tumbuk dan oleskan ke rambut. Gunakan sampo, lalu bilas dengan air bersih.

7. Daun Kelor Anti kanker

Dalam penelitian sel kultur jaringan kanker serviks yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Technology menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kemampuan untuk mendukung kematian sel prematur serta mencegah reproduksi sel kanker. Studi ini menyimpulkan bahwa daun kelor bisa menjadi potensi pencegahan kanker alami.

8. Daun Kelor - Penyakit jantung

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Jantung
Penelitian pada hewan laboratorium, yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food tahun 2009 menunjukkan bahwa daun itu bisa menjadi sumber antioksidan kelor sekaligus mencegah kerusakan pada jantung. Dalam penelitian tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan per hari selama 30 hari bisa membuat lipid teroksidasi lebih rendah sehingga jaringan jantung terlindung dari kerusakan struktural. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan apakah itu berlaku untuk manusia atau tidak.

9. Bantu arthritis

Dalam jurnal Chinese Integrative Medicine yang diterbitkan Februari 2011, daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri seperti radang sendi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak daun dapat mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada kasus-kasus rematik. Sebuah penelitian juga mengungkapkan kombinasi ekstrak daun dan akar dapat mengurangi rasa sakit.

10. Anti diabetes

Kandungan seng yang tinggi bisa membantu mengatasi penyakit diabetes. Seng adalah mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi insulin. Dalam jurnal Diabetes yang diterbitkan pada Juni 2012, setiap 150 miligram per kilogram berat badan selama 21 hari dapat memberikan manfaat anti diabetes cukup signifikan. Studi-studi ini dilakukan pada hewan.
Meskipun memberikan banyak manfaat dan juga dapat digunakan sebagai ramuan obat, daun kelor juga memiliki efek samping. Daun, buah, biji dan biji-bijian aman untuk dimakan. Tetapi hindari mengakar. Dalam beberapa kasus, akarnya sangat beracun dan dapat menyebabkan kelor lumpuh hingga mati.

Zat kimia di akar, bunga, kulit kayu dan tidak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membuat kontraksi rahim serta memungkinkan terjadinya keguguran. Tetapi untuk ibu menyusui, daun kelor bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan itu, tetapi belum ada informasi yang lebih penting.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Menkonsumsi Daun Kelor Kesehatan

Lalu bagaimana mengolah daun ke dalam makanan siap dikonsumsi kelor? Dari beberapa sumber yang kami ambil, pengolahan daun kelor bisa ditabur sehingga bisa menjadi debu pada makanan atau bisa dicampur dalam minuman seperti jus atau dalam sirup.
Begini cara pengolahan serbuk daun kelor:

Ambil daun sebanyak yang dibutuhkan, kelor bersih lalu keringkan.

  1. -Ketika kering, tumbuk sampai halus. 
  2. -Filter hasil panen daun kelor. 
  3. -Letakkan dalam wadah tertutup. 
  4. -Memang untuk dikonsumsi.

Bubuk daun kelor bisa diseduh dengan air panas sebagai teh kelor, ditaburkan di atas makanan secukupnya.

Itulah manfaat daun kelor bagi kesehatan manusia yang telah admin idsiteblog.com Upgrade terbaru terimakasih semoga lebih bermanfaat.
Advertisement
Upgrade Baik Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan