-->

Proses Pembayaran Manual / Kredit Google Adwords

Proses-Pembayaran-Manual-Kredit-Google-Adwords ( Idsiteblog.com ) - Proses Pembayaran Google Adwords


Apabila sobat telah memutuskan untuk memakai jasa beriklan di Google Adwords, paling terpenting yang harus sobat perhatikan adalah Proses untuk memulainya dan juga melakukan pembayaran negara indonesia yang aman.

Mengapa saya menjelaskan tentang pembayaran adwords..? Ya karena untuk negara" dengan masyarakatnya masih belum banyak menggunakan fasilitas kartu kridit menjadikan periklanan di Google Adwords agak terkendala. Karena itulah saya akan menuliskan artikel untuk cara melakukan pembayaran google adwords secara manual / transfer via rekening.

Saya menjelaskan hal ini karena kondisi di Indonesia berbeda dengan di luar negeri dimana hampir semua orang memiliki kartu kredit, sedangkan disini sangat minim yang punya kartu kredit sehingga salah satu keluhan yang sering disampaikan peserta training kami adalah “tidak punya kartu kredit“.
Di artikel ini saya akan menjelaskan seluk beluk tentang sistem pembayaran Google Adwords dimana ada dua mekanisme pembayaran yaitu Automatic Payment atau Manual Payment. Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kapan memilih metode pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit atau transfer bank.

Proses pembayaran Google Adwords
Proses Pembayaran Manual / Kredit Google Adwords

Untuk mengubah sistem cara pembayaran Google Adwords, Anda terlebih dahulu login ke akun Google Adwords melalui http://Adwords.Google.com.

Setelah berhasil login, silahkan lihat di pojok kanan atas dan klik icon seperti roda gigi, lanjut klik menu Billing seperti yang terlihat di gambar di samping kanan ini.

Dan jika ini adalah pertama kali sobat  mengatur sistem pembayaran di Google Adwords mak akan menjalani proses pengisian beberapa tahap pendataan jelas seperti berikut ini.





Tahapan Satu : Silahkan pilihkan negara dari alamat tagihan (Billing Address) Sobat.


Tahapan Dua : Isikan Tax Information dan Nama serta Alamat Bisnis/Rumah seperti yang tampak di bawah ini. Sobat dapat memilih Business dan kosongkan NPWP. Lalu isikan data-data sesuai form.

Tahapan Ketiga : Menentukan Sistem Pembayaran (Automatic Payment atau Manual Payment)

Setelah mengisi data-data identitas dan alamat diatas, tahap berikutnya adalah sobat akan dimintai untuk menentukan sistem pembayaran, mau menggunakan Automatic atau Manual.

Ini harus memberikan penjelasan terlebih dulu :

(A) - Automatic Payment
Artinya iklan sobat akan langsung berjalan dan sobat akan membayar setelah tagihan mencapai sebuah limit tertentu yang diberikan oleh Google ( Misal IDR 400.000 ) atau setelah 30 hari dari pembayaran terakhir. Intinya ini seperti langganan handphone Pasca Bayar, dimana cara kerjanya memakai terlebih dulu setelahnya membayar. Sobat sangat diwajibkan mempunyai kartu kredit untuk dapat memakai proses pembayaran ini.

(B) - Manual Payment
Artinya Sobat perlu melakukan deposit atau top-up uang terlebih dulu, selanjutnya dapat menjalanjan iklan Sobat. Jadi intinya ini seperti langganan handphone Pra Bayar, dimana bayar dulu baru bisa pakai. Untuk top up saldo, sobat dapat memakai kartu kredit atau transfer bank. Begitu saldo/deposit biaya iklan sobat habis, Google akan otomatis menghentikan tayangan iklan sobat.

Iklan bisa jalan dulu, penjualan terjadi, sudah dapat uang, nah uangnya bisa digunakan untuk bayar biaya iklan. Betul tidak? 🙂

Kekurangannya cuma kalau tidak mengerti dengan proses periklanan yang benar di Google Adwords, ya tagihan iklan dapat membengkak, ya akibatnya tagihan kartu kredit bisa bikin sobat dapat membengkak.

Jadi kalau sobat punya kartu kredit, pilihlah Automatic Payment dimana sobat tinggal mengisikan data kartu kredit sobat dan alamat tagihan (jika beda dengan alamat yang diisi sebelumnya di tahap 2).

Tapi kalau tidak punya kartu kredit, berarti mau gak mau, sobat harus memilih yang Manual Payment dimana sobat harus top-up saldo dulu, baru iklan bisa jalan.
Ada dua pilihan untuk melakukan pembayaran yaitu dengan Kartu Kredit atau Transfer Bank seperti yang tampak di samping kanan ini.

Lho kok ada pilihan kartu kredit?

Bukannya kalau ada kartu kredit lebih baik ngutang dulu (Automatic Payment) ?

Ya sama dengan tagihan handphone, ada orang yang tetap suka Pra Bayar, walaupun dia punya banyak uang. Mereka bilang supaya lebih aman dan terkendali 🙂

Ya itulah kelebihan dari Manual Payment, sobat bisa mengatur budget sehingga jika habis budgetnya, iklan langsung berhenti.

Kekurangannya manual payment adalah bikin repot. Jadi misal sobat top-up saldo Rp 300.000,- lalu jika saldo itu habis, otomatis iklan sobat akan dihentikan. sobat lalu harus top-up lagi, tunggu beberapa waktu lagi, iklan baru jalan lagi.

Lebih repot kan? Ya begitulah tapi memang ada orang yang suka repot 🙂

Selain bisa top up dengan kartu kredit, Google Adwords baru-baru ini menyediakan fasilitas transfer bank untuk top-up saldo. Hal ini merupakan berita gembira bagi peserta training kami yang selama ini terkendala untuk memasang iklan di Google karena tidak punya kartu kredit.

Apabila sobat memilih Funds Transfer  atau Transfer Bank maka setelah klik tombol Make a Payment maka akan diberikan nama bank dan no rekening tujuan (16 digit) milik Google seperti yang tampak berikut ini.

No rekening yang diberikan (16 digit) adalah unik untuk sobat (virtual account number) sehingga dapat mentransfer ke rekening tersebut, maka setelah diterima oleh Google (5-10 hari) akan otomatis muncul sebagai saldo di Google Adwords sobat yang bisa digunakan untuk beriklan.


TIPS PENTING:
Untuk mempercepat proses top-up saldo, sobat bisa gunakan BNI Debit Online yang saya jelaskan di artikel ini.

Apabilan sobat mempunyai dan menggunakan BNI Debit Online, sobat bayarnya pilih Manual Payment terus pilih opsi Credit/Debit Card, lalu isikan 16 digit VCN yang diberikan. Proses pengisian saldo dengan proses ini bisa instan masuk ke akun Google Adwords Sobat, tidak perlu menunggu 5-10 hari seperti dengan Transfer Bank.

Jadi itulah proses pembayaran Google Adwords di Indonesia yang perlu diketahui dan silakan sobat pastikan sendiri, mana yang cocok untuk proses pembayaraan Google Adwords antara Manual dan juga memakai kartu Kredit.


PS: Apabila sobat sangat menyukai atau merasan bahwa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk meng klik tombol share yang sudah dipasang di blog ini, dan pastinya saya sebagai admin dari idsiteblog.com ini akan sangat merasa senang, terimakasih selamat mencoba.
Advertisement
Proses Pembayaran Manual / Kredit Google Adwords